Off White Blog
Ekspedisi di atas kapal superyacht

Ekspedisi di atas kapal superyacht "Latitude", menjelajahi Kutub Utara Norwegia

April 8, 2024

Setelah dua bagian berturut-turut melalui Northwest Passage yang terkenal pada tahun 2014 dan 2015, saya benar-benar terpesona oleh keajaiban kawasan Arktik. Saya hanya mendengar tentang kepulauan Svalbard, tetapi semakin saya membaca dan mempelajarinya, semakin saya bertekad untuk menghabiskan setidaknya satu musim panas lagi di Arktik, tetapi kali ini, Arktik Norwegia.

Kami naik Latitude pada 8 Juli 2016 di Stockholm, Swedia dan setelah pelayaran singkat ke Kopenhagen, tempat kami menjemput beberapa tamu, kami berlayar ke Bergen di barat daya Norwegia. Dari Bergen, kami mengambil sisa bulan Juli untuk berlayar perlahan ke pantai barat Norwegia, menjelajahi fjord seperti Geiranger fjord dan Trollfjord, hingga ke kepulauan Lofoten, yang dikenal dengan bentang alamnya yang khas dengan gunung-gunung dramatis yang mengarah ke teluk yang terlindung. , dan hingga Tromso di Norwegia Utara. Tromsø dikenal sebagai pusat budaya di atas Lingkaran Arktik dan merupakan tujuan populer untuk melihat cahaya utara.

Setelah beberapa hari di Tromsø, kami berangkat untuk menyeberangi Samudra Utara ke kepulauan Svalbard, juga dikenal sebagai Spitzbergen. Dalam perjalanan ke Svalbard, kami berhenti di sebuah pulau kecil bernama Bjørnøya, juga dikenal sebagai Pulau Beruang. Bjørnøya adalah suaka burung alami dengan tebing tinggi tempat Anda akan menemukan koloni sarang Auks, Kittwakes berkaki hitam, Guillemots, dan Puffins. Bjørnøya jarang, jika pernah, dikunjungi oleh kapal-kapal yang lewat dan tidak ada perjalanan wisata ke Bjørnøya. Namun, kami menemukan sisa-sisa kapal penangkap ikan Rusia yang awaknya berpesta, kemudian mabuk dan mendaratkan kapal mereka, yang sekarang menjadi bagian permanen pulau itu.

Setelah berhenti selama dua hari di Bjørnøya, terutama karena cuaca, kami berangkat ke Svalbard dan kota utamanya Longyearbyen tempat kami tiba pada 3 Agustus. Longyearbyen dianggap sebagai Ibukota Svalbard, dan dengan populasi lebih dari 2.000, sudah pasti pusat aktivitas di dalam nusantara. Ada museum, perbelanjaan bagus, galeri, dan infrastruktur bagus untuk mendukung kegiatan wisata. Ini sangat luar biasa, mengingat ukuran populasi. Bahkan ada restoran berbintang Michelin dan sebuah pub yang dinilai memiliki bar terbaik ke-6 di dunia! Musim ramai harus melihat banyak wisatawan.

Beberapa minggu sebelum sampai di sana, kami telah melakukan kontak dengan Jason Roberts yang berbasis di Svalbard dan yang telah bekerja dengan Sir David Attenborough selama 30 tahun terakhir untuk memproduksi film dokumenter seperti Planet Beku, Planet Manusia, dll. Jason paling membantu dan menyarankan agar kami membawa salah seorang rekannya, Einaar, seorang pemuda Norwegia, untuk perjalanan kami. Ini adalah keputusan terbaik yang pernah kami buat karena pengetahuan Einaar tentang kepulauan dan margasatwanya sangat diperlukan. Sebagai bonus tambahan, dia memiliki kepribadian yang menyenangkan dan bergaul dengan semua orang di dalamnya. Bagi siapa pun yang berencana mengunjungi Kutub Utara, saya akan sangat menyarankan untuk melakukan kontak dengan Jason Roberts Productions di Svalbard.

Kami memiliki beberapa tamu yang harus meninggalkan kami pada tanggal 9 Agustus, jadi kami memecah rencana pelayaran menjadi dua bagian. Yang pertama adalah pelayaran lima hari di pantai barat nusantara dan kembali ke Longyearbyen. Yang kedua adalah penjelajahan 17-hari berlawanan arah jarum jam dari seluruh kepulauan, termasuk perjalanan sampingan ke pulau yang sangat jarang dikunjungi (kami diberitahu bahwa kami adalah kapal ketiga yang pernah mengunjungi) pulau bernama Kvitøya dan kunjungan singkat ke es Arktik pak utara 81 derajat lintang utara.

Hari pertama membawa kami ke Krossfjord di Taman Nasional Spitzbergen Barat Laut. Krossfjord adalah 30 km panjang dengan berbagai cabang, pemandangan spektakuler dengan berbagai gletser dan banyak situs wisata menarik. Kami menghabiskan hari itu menjelajahi berbagai fjord yang berdekatan, Möllerfjorden, Mayerbukta dan bahkan berhasil naik ke gunung es yang mengambang di cabang Fjortende.

Dari Krossfjord, kami berlayar ke Magdalenefjord, yang memotong sekitar 10 km langsung ke pantai. Fjord ini umumnya dapat diakses sepanjang tahun dan populer di kalangan pemburu paus di abad ke-17. Ini memiliki teluk, Trinityhamna, terlindung oleh semenanjung Gravneset yang menyediakan tempat berlindung yang baik untuk kapal-kapal yang berkunjung. Pada tahun 1977 seorang pendaki gunung Austria terbunuh oleh beruang kutub di Magdalenefjord dan di sinilah kita juga melihat beruang kutub jantan besar, jelas beristirahat dalam perjalanannya ke utara di mana kantung es telah surut. Kami melakukan perjalanan dalam tender ke Amsterdamøya, dinamai menurut pemburu paus Belanda, di mana kami melihat sekelompok besar Walrus berjemur.

Perhentian berikutnya adalah Raudfjord, fjord pertama ke arah timur saat Anda mengikuti pantai utara Spitzbergen dari sudut barat. Panjangnya sekitar 20 km dengan sejumlah teluk samping dengan gletser pedet dan air dangkal. Kami mengambil tender dan mendarat di Alichamna, di mana kami mendaki sekitar 14 km di atas medan yang sangat berbatu ke sisi lain dari fjord di mana kami menyalakan api unggun besar dengan kayu apung sebelum tender datang dan menjemput kami. Semua orang tidur nyenyak malam itu!

Pada tanggal 7 Agustus, kami pergi ke Trygghamna dan membawa tender ke Alkepynten dengan tebing setinggi 100m yang spektakuler, ideal untuk koloni burung bersarang. Kami pergi ke sana untuk melihat apakah kami dapat menemukan dan memotret rubah Arktik, yang diketahui berlama-lama di dasar tebing untuk menangkap Guillemots atau Auks muda yang mencoba penerbangan perdananya, tetapi yang gagal membuatnya sejauh laut!

Burung-burung ini memberikan kesempatan terakhir bagi rubah untuk menyimpan beberapa makanan untuk musim dingin.Sayangnya, kami tidak melihat rubah pada hari itu, meskipun kami bertemu dengan beberapa rusa.

Pada hari terakhir, sebelum kembali ke Longyearbyen untuk mengantar beberapa tamu yang berangkat, kami berhenti di Pyramiden, kota sepi yang awalnya dibangun oleh Rusia untuk operasi penambangan batu bara. Ketika penambangan batu bara menjadi tidak ekonomis, mereka hanya meninggalkan kota ini pada tahun 1998 dan sekarang berdiri seperti kota hantu tetapi dengan hotel yang beroperasi dengan enam orang Rusia yang tinggal di sana. Kami benar-benar pergi dan minum vodka Rusia di bar. Dari Pyramiden kami mengunjungi gletser terdekat di mana kami bisa memanjat dan berjalan melalui tubuh gletser di saluran air yang meleleh. Ini adalah pengalaman yang cukup unik karena dikelilingi oleh terowongan es es yang berwarna biru es. Dari sisi lain kami berhasil naik ke puncak gletser dari tempat kami mendapatkan rekaman drone dan foto yang bagus.

Setelah tamu-tamu kami pergi pada 9 Agustus, kami tetap di Longyearbyen selama beberapa hari karena cuaca di pantai timur kepulauan itu, tempat tujuan kami, telah berubah menjadi buruk. Di Longyearbyen, kami berjalan-jalan, mengunjungi museum Arktik, berbelanja, dan mencoba semua restoran mereka.

Kami meninggalkan Longyearbyen pada 11 Agustus jam 7 malam dan tiba di Bellesund pada jam 1:30 pagi. Bellesund adalah pintu masuk ke sistem fjord dengan beberapa cabang memanjang hingga 80 km ke daratan. Kami melakukan perjalanan jauh ke dua pondok berburu di Camp Milar. Ini adalah hari keberuntungan kami, selain banyak rusa kutub dan beberapa aksi dengan dua Tusuk Sate yang terus-menerus menyerang kami dan drone kami, kami juga bertemu dengan ibu rubah Arktik dengan tiga anaknya. Kami menghabiskan beberapa jam memotret mereka berdua dengan kamera dan drone kami.

Pada 13 Agustus kami berlayar ke Hornsund, fjord paling selatan dari kepulauan Svalbard dan beberapa orang berpikir, yang paling indah. Ia memiliki delapan gletser besar dengan garis depan yang melengkung yang didukung oleh beberapa gunung yang sangat mengesankan termasuk Horsundtind, gunung tertinggi ketiga di kepulauan ini. Kombinasi puncak dan gletser memberikan beberapa pemandangan spektakuler. Kami mengambil tender kami dan mengunjungi gletser di Bergerbukta, Brepollen, dan Storbreen dan mendaki ke formasi batuan yang luar biasa yang hanya dapat digambarkan sebagai Batu Kutub Utara Arktik. Sepanjang jalan kami melihat lebih banyak rusa dan rubah.

Hari berikutnya kami berencana untuk pergi ke Pulau Edgeøya yang memiliki beberapa tebing bersarang burung di mana beruang kutub telah dikenal untuk memanjat ketika makanan langka, untuk makan telur dan anak ayam dari sarang. Sayangnya, cuaca buruk dan kami tidak akan menemukan tempat berlabuh yang aman di Edgeøya jadi kami melewatkannya dan pergi ke Barentsøya dan Dorstbukta di mana kami melihat dua beruang kutub berjalan di pantai.

Salah satu momen yang paling berkesan dari perjalanan itu adalah kunjungan ke Viberbukta dan perjalanan melalui semua es kurang ajar ke gletser Brassvell besar yang merupakan bagian dari sistem gletser yang terdiri dari 170 km tebing es. Itu beberapa air terjun besar datang dari puncak gletser membuat untuk pemandangan yang benar-benar tak terlupakan.

Pada 16 Agustus kami mulai menuju ke "Pulau Putih," Kvitøya tetapi dalam perjalanan kami memutuskan untuk berhenti di ujung utara Storøya. Kedua pulau ini adalah titik terjauh dari kepulauan ini, di mana Storøya, pulau yang lebih kecil hanya seluas 40 km persegi. Kami tiba pada jam 9:30 malam dan keluar untuk menjelajah dengan tender. Ternyata, itu sangat tepat waktu karena kami melihat dua beruang kutub dan satu dari mereka cukup dekat beberapa walrus. Sangat menarik, kami tidak kembali ke Latitude hingga setelah jam 3 pagi. Itulah keuntungan dari matahari 24 jam, kita bisa melakukan apa pun yang kita inginkan, kapan saja kita mau. Kami menghabiskan satu hari ekstra di Storoya sebelum melanjutkan ke Kvitøya. Sekitar 99 persen Kvitøya, yang luasnya 700 km persegi, ditutupi dengan tutup es dan hanya ada tiga bagian yang sangat kecil yang bebas es. Kami melakukan pemberhentian pertama kami di Andréeneset, salah satu tempat bebas es tetapi terlalu banyak ombak dan, meskipun kami melihat beberapa walrus dan satu beruang kutub mati, kami pindah ke ujung utara-timur pulau ke Kræmerpynten di mana kami menghabiskan dua hari.

Sementara di Kvitøya, kami melakukan sedikit hiking dan menjelajah dengan tender. Ada banyak es kurang ajar di air dan banyak ibu walrus dengan bayi mereka. Kami juga melihat empat beruang kutub (dua di antaranya menguntit kami ketika kami hiking di gletser!) Dan juga tiga beruang kutub mati. Beruang mati karena kelaparan atau mungkin karena cedera yang berkelanjutan saat mencoba menyerang walrus. Ibu Walrus dengan anak muda bisa sangat berbahaya dan akan menyerang dan melukai atau membunuh beruang kutub. Pada akhir satu perjalanan ketika kami pergi ke puncak gletser, kami turun ke salah satu daerah bebas es di Kvitøya dan menyalakan api unggun. Sangat menyenangkan dan hangat dengan langit biru, sehingga kami memutuskan untuk makan malam barbekyu di dekat api unggun. Koki mengambil sampan untuk kembali ke Latitude untuk mendapatkan makanan dan persediaan dan, sementara kami menunggunya, beruang kutub jantan besar muncul cukup dekat dengan kami. Dia rupanya keluar dari air di sisi lain tempat dia mungkin mencoba berburu walrus atau anjing laut. Dia menjadi sangat ingin tahu dan mulai mendekati kami, jadi kami harus meninggalkan rencana kami untuk makan malam barbekyu. Dia memang memberikan beberapa peluang foto yang sangat bagus selama sekitar satu jam berikutnya dan kemudian kami kembali ke Latitude, saat ia memanjat gletser di jalur yang persis sama dengan yang kami lewati. Kvitøya jelas merupakan puncak dari perjalanan ini dan kami minta maaf untuk meninggalkannya tetapi cuaca mulai berubah dan kami ingin melihat apakah kami dapat mencapai rak es kutub sekitar seratus mil utara dari puncak kepulauan Svalbard.

Kami meninggalkan Kvitøya pada 20 Agustus dalam kabut tebal dan jarak pandang sangat buruk.Itu sulit terjadi karena adanya banyak es di dalam air. Kami berhasil sampai ke rak es kutub sekitar 20 jam kemudian dan kemudian menghabiskan dua hari di dalam es. Tidak mungkin untuk berlabuh di sana karena airnya terlalu dalam sehingga kami mengembangkan teknik di mana kami hanya akan "memasang" diri pada gumpalan es besar dan kemudian hanyut dengannya. Kami bahkan berhasil keluar ke gumpalan es dan mengambil beberapa gambar, sementara gadis-gadis berdesakan, dan dua orang berjaga-jaga dengan senapan seandainya ada serangan beruang kutub !! Itu pengalaman yang sangat luar biasa.

Kami meninggalkan rak es pada 23 Agustus dan berlayar ke daerah Woodfjord dan ke Liefdefjord, yang sangat populer di kalangan pengunjung karena keindahan alamnya yang luar biasa dan banyak pilihan wisata. Setelah berlabuh di dekat Sørdalsbukta, kami mengunjungi gletser Monako dan, setelah makan malam, membawa tender ke "pantai" yang luar biasa di bawah gunung Merah besar. Kami membuat api unggun dan marshmallow panggang dan menyaksikan perubahan warna saat matahari bergerak perlahan dari satu sisi ke sisi lain, tanpa pernah terbenam. Ketika kami duduk di dekat api unggun, seekor rubah Arktik mengangkat kepalanya ke atas, tetapi terlalu malu untuk mendekat. Aroma makanan itu mungkin terlalu banyak baginya untuk tidak melihatnya. Api unggun di bawah gunung merah ini adalah salah satu peristiwa perjalanan yang tak terlupakan!

Setelah meninggalkan Liefdefjord pada tanggal 24 Agustus, kami bertemu dengan laut yang sangat kasar dan cuaca buruk, jadi kami masuk dan berlindung di Magdalenefjord di pantai Barat, di mana kami telah pergi pada bagian pertama perjalanan. Setelah cuaca membaik, kami pergi dan menuju Ny Alesund, salah satu pemukiman yang masih digunakan oleh stasiun penelitian yang didirikan oleh banyak negara termasuk Cina, Jepang, India, Italia dan dikoordinasikan oleh Institut Kutub Norwegia. Ny Alesund adalah titik tertinggi tempat tinggal manusia di bumi dan merupakan salah satu situs paling penting dalam sejarah eksplorasi Kutub Utara. Selama musim panas, sekitar 150 ilmuwan dari berbagai negara bekerja di sana mengumpulkan data tentang es Arktik dan margasatwa. Populasi permanen hanya 40 orang yang tinggal di sana sepanjang tahun.

Setelah menghabiskan sedikit lebih dari satu hari di Ny-Ålesund, kami akhirnya berjalan kembali ke Longyearbyen, sangat menyadari bahwa kami baru saja menyelesaikan apa yang telah dilakukan beberapa orang sebelumnya: perjalanan mengelilingi Kepulauan Svalbard dengan berhenti di rak Es Kutub . Lintang sekarang telah lebih dekat ke Kutub Utara dari kapal pesiar pribadi lainnya. Ketika kami berhenti di gumpalan es terapung, kami berada 400 mil dari Kutub Utara.

Artikel ini pertama kali diterbitkan dalam Yacht Style 37.