Off White Blog
Aman Yachts menawarkan dua kapal pesiar mewah untuk menjelajahi Raja Ampat di Indonesia, Pulau Komodo, dan lainnya

Mungkin 5, 2024

Banyak kapal butik mengarungi laut dan selat eksotis Asia, termasuk phinisis Indonesia yang dilengkapi dengan pakaian adat, tetapi Aman Cruises dan Amanpuri di Phuket, resor pertama yang didirikan oleh oktarian asal Indonesia Adrian Zecha di Singapura pada tahun 1988, yang menetapkan standar baru untuk pelayaran mewah di Singapura. wilayah.

Di 30 resor Aman di seluruh dunia kemudian, kontrol telah beralih ke investor internasional lainnya, tetapi pengaruh kuat Zecha di Indonesia hidup bersama Amanjiwo, di samping candi Budha abad ke-9 yang menakjubkan di Borobudur di Jawa Tengah; Amandari; Amanusa dan Amankila di Bali; dan kediaman super-tenda di Amanwana di Pulau Moro di lepas Sumbawa di Laut Flores.

Di sini berbasis dua kapal buatan Indonesia, Aman Yachts 32 meter Amanikan, dan Amandira 52 meter, diluncurkan pada 2015, yang masing-masing dapat membawa enam dan sepuluh penumpang dalam kenyamanan ultra. Ekspedisi singkat dilakukan untuk melihat komodo di Pulau Komodo yang berjarak 150 nm, atau pada musim, yacht berada jauh lebih ke timur di Raja Ampat, yang perairan selamnya legendaris dan dekat dengan pulau rempah-rempah Banda yang terkenal. Rencana perjalanan disarankan, meskipun ulangi para tamu Aman yang berhak, yang dikenal sebagai "Amanjunkies", sering memilih sendiri.

Mengapa indonesia Ini adalah rumah bagi beberapa keajaiban alam paling spektakuler di dunia. Direktur pelayaran Glenn Wappet mengatakan, “Ukuran Indonesia, iklim tropis, dan geografi kepulauan lebih dari 14.000 pulau mendukung salah satu ekosistem paling beragam di dunia. Indonesia Timur sendiri memiliki lebih dari 1.650 spesies ikan terumbu karang. Taman nasional Raja Ampat dan Komodo memiliki margasatwa yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia, seperti Komodo Dragon dan Birds of Paradise, belum lagi banyak spesies laut endemik. ”

Meskipun Indonesia dekat dengan Singapura, daerah-daerah terpencilnya tidak pernah terasa lebih tersentuh dan jauh. Hanya penerbangan domestik yang menghubungkan penumpang internasional dari Jakarta ke Sorong di Papua Barat, tempat peluncuran kapal pesiar untuk Raja Ampat, membutuhkan waktu 3 jam 40 menit. Atau, untuk naik kapal ke Komodo, diperlukan 1 jam 30 menit penerbangan ke Sumbawa, diikuti dengan naik mobil dan kemudian kapal menyeberang ke Pulau Moyo, diperlukan.

Siapa pun yang pernah menjadi tamu resor Aman dapat membayangkan bagaimana perjalanan yang dijalankan oleh kelompok ini harus menjadi pengalaman sekali seumur hidup. Perjalanan saya November lalu adalah tinggal selama lima hari di utara Raja Ampat dengan Amanikan dan Amandira, yang berlayar bersama-sama dan menampung dua kelompok penumpang yang menukar perahu di tengah perjalanan.

Setelah kami naik Amanikan dan meluncur ke Selat Dampier dengan tenang, Glenn memperkenalkan kami kepada 10 anggota kru dan memberi kami tur kapal motor kayu phinisi-hull, yang telah berlayar di bawah bendera Aman sejak 2009.

Dek utama memiliki ruang makan luas di depan bar, dan sofa daybed berpelindung kanvas yang indah di haluan. Jalur sampul mengarah ke dua kabin mewah di atas dek. Dek atas merumahkan jembatan, kabin utama dan area berjemur di depan dan belakang.

Kabin utama yang besar memiliki tempat tidur king, meja tulis, lemari pakaian ganda dan meja rias, pancuran terpisah dan kamar mandi en-suite. Langit-langitnya yang berkubah memberikan ruang lapang yang lapang, dan jendela di tiga sisi menawarkan pemandangan 270 derajat yang indah. Kabin deluxe sedikit lebih kecil, tetapi dilengkapi dengan cara yang sama. Panel kayu bernuansa karamel interior dan aksen rotan vanilla membangkitkan rasa romansa kolonial dan kemewahan yang santai.

Makanan di atas kapal pesiar Aman Yachts sama-sama dipesan lebih dahulu, dengan menu disajikan kepada tamu dan dikonfirmasi sebelumnya untuk memungkinkan permintaan perubahan menu. Pada perhentian pertama kami, dengan latar belakang Cape Kri yang hijau dan dikelilingi oleh perairan biru, kami menikmati makan siang pertama kami yang tampaknya telah direncanakan dengan cermat untuk melengkapi pemandangan yang sensasional.

Kami terbangun dari meditasi pasca-prandial kami oleh Glenn, yang mengatakan akan ada pengarahan jadwal malam, tetapi dengan matahari masih di atas kepala, kami harus menyita cahaya dan melakukan penyelaman atau snorkeling pertama di sore hari. Para kru telah memasang perlengkapan selam kami, dan dalam beberapa menit, kami naik tender dan melaju melintasi lautan kaca ke tempat menyelam terdekat. Saat kami mendekati bagian dangkal terumbu karang tepi, air berwarna biru langit berubah menjadi lebih terang menjadi aquamarine kristal, dengan singkapan ikan dan karang di bawahnya terlihat jelas.

Di bawah permukaan, pemandangan laut bawah laut adalah kaleidoskop warna dan gerakan yang naik turun. Di setiap belokan, berbagai spesies ikan, kepiting, udang, dan moluska mulai terlihat, dan dengan setiap pandangan, beragam pertumbuhan karang, spons, dan tunik memenuhi visi kami. Ketika kami berkelana lebih dalam, makhluk-makhluk yang lebih besar muncul: kura-kura sedang tidur atau makan, hiu putih dan hitam berpatroli di seluruh bommy, dan hiu perawat tidur dan wobbegong yang tumbang ditemukan ditemukan bersarang di lubang karang. Apa yang dikatakan Glenn tentang keanekaragaman hayati laut semuanya benar.

Petualangan berlanjut keesokan harinya, ketika pukul 5 pagi mengetuk pintu saya menandai dimulainya pencarian kami akan Burung Cendrawasih Merah yang langka dan endemis.Setelah minum kopi cepat-cepat, kami dibawa ke Pulau Gam untuk menjemput Pak Jimmy, seorang tetua desa setempat yang membangun jalan setapak menuju tenda darurat tempat burung-burung dapat diamati. Setelah menanjak sebentar melewati semak-semak dan semak belukar dari pantai bakau, kami mencapai tempat terbuka di mana kami menunggu ketika Jimmy membuat panggilan khusus untuk penggalian kami. Seolah diberi petunjuk, seekor burung dengan kepala berbulu hijau dan tubuh cokelat muncul entah dari mana tinggi di kanopi tebal.

"Perempuan," bisik Jimmy. Hanya dalam beberapa saat, panggilannya digantikan oleh betina, dan kami benar-benar terpesona ketika dua burung lagi bergabung. Memperbesar dengan kamera kami, foto pertama mengkonfirmasi mereka adalah jantan, yang lebih besar dari betina, membawa merah bulu dan bulu ekor yang panjang dan berliku. Pertemuan yang tenang itu dengan cepat meletus menjadi ritual perkawinan yang kuat, dengan pejantan yang berkibar-kibar memamerkan warna-warna berani mereka dalam tampilan pacaran yang gemilang, dan mengganti kicauan mereka dengan derit jeritan bernada panas. Episode menegangkan ini dibuat lebih ajaib ketika Glenn mengatakan bahwa dia tidak pernah menyaksikan tontonan seperti itu meskipun telah membimbing tamu lain melalui tur yang sama.

Artikel ini ditulis oleh Ken Chia dan pertama kali diterbitkan dalam Yacht Style 37.