Off White Blog
Union Glacier: Menskalakan Batas Vertikal Antartika

April 13, 2024

Kata-kata oleh Christine Amour-Levar | Gambar milik Planet Bumi-Nya, Christopher Michel  & Yoshiko Miyazaki-Back dariLogistik & Ekspedisi Antartika

Tergelincir oleh angin kencang, pesawat Ilyushin IL-76 TD yang besar meluncur ke arah selatan dengan kecepatan 495 mph (800 km / jam). Drake Passage di bawah berkilau ke cakrawala yang jauh ketika kita berjalan ke arah barat dari Punta Arenas di Chili ke Semenanjung Antartika, dan akhirnya ke Union Glacier, sebuah pangkalan pribadi yang dioperasikan oleh Antarctic Logistics & Expeditions (ALE), yang terletak di Range Heritage, di bawah Pegunungan Ellsworth.

Menskalakan Batas Vertikal Antartika

Setelah sekitar empat setengah jam di udara, kami bersiap untuk mendarat di Blue Ice Runway, jalur es langka dan alami sekeras beton yang cukup kuat untuk menopang bobot pesawat militer Soviet yang mengerikan ini. Jenis es ini sangat padat - tanpa gelembung udara - yang menyerap cahaya dengan panjang gelombang yang panjang, dan itulah sebabnya nampak sangat biru. Ini minus 15 ° C saat kami turun dari pesawat dan mengambil langkah pertama kami di Antartika.

Lautan putih luas yang terbentang di depan mataku sungguh menakjubkan. Aku mendongak untuk melihat matahari bersinar di langit kutub biru, sementara angin yang kencang membuatku benar-benar berjalan di landasan pacu yang membeku ketika aku mencoba bergerak dari pesawat ke kendaraan roda empat menunggu untuk membawa kami ke kamp utama.

"Januari adalah jantung musim panas di Antartika," seperti yang diceritakan kepada kami oleh salah satu staf ALE, "Ini adalah waktu terbaik untuk mengunjungi, karena cuaca adalah yang paling tidak bermusuhan." Memang, manusia tidak pernah secara permanen mendiami daratan terpencil ini. Hanya dapat diakses selama bulan-bulan terhangatnya, dari November hingga Maret, ia tidak memiliki kota metropolis atau desa untuk berbicara, tidak ada habitat kecuali mungkin gudang ekspedisi aneh atau stasiun penelitian. Itu semua hanyalah kekosongan gletser yang parah, sunyi sepi, dan suhu yang mengerikan yang dapat berkisar dari minus 10 ° C hingga minus 80 ° C selama bulan-bulan yang lebih dingin.

Tim kami yang semuanya khusus perempuan tiba di Union Glacier Camp dan, setelah tur singkat ke berbagai fasilitas, kami ditugaskan ke tenda “kerang” hunian ganda. Sebagian besar dari kita berbasis di Singapura khatulistiwa, dan kami membutuhkan waktu hampir 48 jam untuk sampai di sini. Tidak heran jika merasa nyaman, dan tenda-tenda secara mengejutkan nyaman untuk ditinggali. Mereka berdinding ganda dan dirancang untuk tahan terhadap kondisi kutub dengan penutup nilon berteknologi tinggi dan rangka aluminium yang tahan lama. "Pintu" besar dan interior yang tinggi memungkinkan kita untuk berdiri tegak dan bergerak dengan mudah saat kita memilah peralatan kita.

Menjelajahi wilayah yang belum dipetakan

Kami menghabiskan beberapa hari pertama di Union Glacier untuk mempelajari keterampilan mendaki kami dan menyesuaikan diri dengan kondisi Antartika. Tim mempraktikkan kerja tali, penyelamatan celah, navigasi, pengamatan cuaca, dan keterampilan berkemah kutub. Selama periode ini, kami juga mendiskusikan dan merencanakan tujuan kami dengan pemandu kami, dua pendaki perempuan yang sangat berkualitas yang memiliki pengalaman pendakian gunung yang luas dalam kondisi kutub.

Kami berada di tangan yang sangat baik. Tim tidak ragu bahwa beberapa hari ke depan, ketika kita pergi lebih jauh ke pedalaman untuk menjelajahi wilayah yang belum dipetakan, akan menjadi luar biasa. Selain kehausan kami akan petualangan, kami memiliki tujuan yang sangat jelas dalam pikiran. Kelompok enam kami sedang mencari rute dan puncak baru di pegunungan sekitarnya. Pada akhirnya, kami ingin menggunakan tantangan perintis ini untuk meningkatkan kesadaran untuk alasan yang sangat dekat dengan hati kami - keadaan menyedihkan para wanita kurang mampu yang terkena dampak perubahan iklim.

Antartika: Simbol perjuangan dan kelangsungan hidup yang kuat

Kami memilih Antartika karena itu adalah simbol kuat dari perjuangan ini karena ia juga berjuang untuk kelangsungan hidupnya sendiri. Faktanya, Antartika, gurun terbesar di dunia, yang 98 persen tertutup es, mencair dengan kecepatan yang mengkhawatirkan. Benua ini kehilangan bongkahan-bongkahan es besar seukuran kota-kota dari garis pantainya sebagai akibat dari pemanasan global, dan ketika gunung-gunung es ini mencair dan meningkatkan permukaan laut, ini bisa memiliki konsekuensi bencana bagi planet kita.

Setelah beberapa hari di Union Glacier, kami bersiap untuk menjelajah. Tim harus berkendara sekitar setengah hari di atas salju tebal. Seluruh pegunungan Heritage tersebar di beberapa gletser dengan banyak celah tersembunyi. Jadi, sebelum kita keluar, ALE menggunakan pemindai termal di atas area untuk memeriksa apakah itu cukup aman untuk dilintasi. "Hanya sekali kendaraan jatuh di celah tidak jauh dari kamp Union Glacier," kita diberitahu. "Tidak ada yang meninggal, pengemudi berhasil ditarik keluar tanpa terluka." Melayani kami dengan tepat untuk bertanya.

Terlepas dari pemesanan kami, tim kami berangkat dengan semangat tinggi dengan persediaan makanan yang berlimpah, peralatan berkemah kami, dan peralatan pendakian karena, tergantung bagaimana cuaca, kami mungkin berada di luar sana selama beberapa hari. Iklim di Antartika sangat fluktuatif dan kondisinya sering berubah secara dramatis dan sangat tiba-tiba. Jadi kami berharap yang terbaik tetapi merencanakan yang terburuk.

Segera setelah kami mencapai Lembah Larsen, suatu daerah yang sebagian besar masih belum dijelajahi, kami menyiapkan tempat berteduh kami untuk malam itu. Kali ini, tenda-tenda itu sangat mendasar, tidak seperti tenda kerang di Union Glacier, yang sekarang terasa seperti Hotel Shangri-La sebagai perbandingan. Kami menyekop salju di atas flaps di sekitar dasar tenda untuk memastikan angin gletser tidak melewati saat kami mempersiapkan malam pertama kami sendirian di alam liar. Di semua lanskap ini, di semua ruang ini, kita adalah satu-satunya makhluk hidup.Seperti titik-titik kecil di antah berantah, lokasi kami adalah esensi dari jarak jauh.

Selama beberapa hari berikutnya, tim melakukan beberapa perjalanan pendakian eksplorasi yang bervariasi dari pendakian teknis keras hingga lintasan punggungan yang menakjubkan dengan pemandangan ke Rak Es Ronne dan Dataran Tinggi Kutub. Kami mencoba couloir es dan salju yang curam, lintasan punggungan klasik, puncak es, piramida batu, lembah tersembunyi, dan akhirnya puncak-puncak yang tidak mendaki!

Kami diberkati dengan cuaca yang baik untuk sebagian besar dan oleh karena itu kelompok kami yang teguh mampu membangun beberapa rute baru, mengklaim pendakian perempuan pertama dari satu puncak dan dua pendakian pertama dari gunung-gunung yang tidak didaki. Sebagai hasilnya, kami memiliki hak untuk memberi nama dua puncak baru ini. Yang pertama, gunung yang indah dengan pegunungan yang luar biasa dinamai "Gunung Gaia" untuk merayakan nama LSM kami "HER Planet Earth." Gaia adalah bahasa Yunani kuno untuk Bumi Dewi. Gunung kedua bernama Gunung Malala untuk menghormati pemenang hadiah Nobel Perdamaian, Malala Yousafzai, yang mewujudkan keberanian dan pemberdayaan perempuan dalam menghadapi ketidakadilan dan kekerasan.

Tantangan Utama

Setelah beberapa hari berkemah dan memanjat di bawah matahari Antartika 24 jam, kita kehilangan semua waktu dan ruang di hamparan putih yang luas ini. Hari-hari tidak ada habisnya dan cahayanya tidak seperti cahaya lain di Bumi, karena udaranya begitu bebas dari kotoran. Selama pendakian kami, kami menghadapi tantangan fisik petualangan dan kerentanan manusia kami sendiri. Skala kekosongan kadang-kadang hampir terlalu banyak untuk diserap dan rasa isolasi luar biasa.

Hari-hari pendakian kami panjang dan menguras tenaga, dan kami selalu waspada terhadap celah tersembunyi di rute. Pada dua kesempatan, salah satu dari kita sebagian jatuh ke dalam celah, tetapi kita terikat bersama setiap saat dalam kelompok tiga, terpisah 15 m, sehingga tidak ada yang tersesat di kedalaman es. Terkadang kita menghadapi cuaca yang tidak dapat diprediksi, dengan awan rendah dan angin dingin yang menyebabkan suhu turun hingga minus 25 ° C dan memaksa kita untuk berbalik pada beberapa kesempatan. Bahkan ketika punggungan puncak muncul begitu dekat, kami pikir kami hampir bisa menyentuhnya, kami tahu bahwa jarak tampak lebih pendek daripada yang sebenarnya dalam kondisi seperti itu. Dan jika cuaca terus menurun ketika kita naik lebih tinggi, itu bisa membahayakan seluruh tim, jadi kita melakukan hal yang benar, kita turun kembali ke kemah.

Pada hari-hari cuacanya bertahan, dan kami dapat mencapai puncaknya, rasa pencapaian dan kebanggaan benar-benar tak terlukiskan. Tim ini sangat gembira dan merasa bahwa roh penjelajah wanita legendaris menyemangati kami untuk mendorong kami maju ke perbatasan baru di persinggahan Antartika kami. Meskipun kelelahan, keseleo dan memar yang menyakitkan, ujung beku pada kaki kita - cedera dingin akibat vasokonstriksi - dan fakta bahwa pada suatu kesempatan, bagian dari tim terjebak pada permukaan gunung teknis selama hampir 24 jam, keseluruhan pengalaman ternyata sangat bermanfaat. Antartika, yang tunduk pada kondisi ekstrem seperti itu, memiliki keindahan alam dan kehebatan mentah yang melampaui semua harapan kita.

Misi kami selesai, kami akhirnya kembali ke kamp Gletser Union, di mana kami mendapat hak istimewa untuk bertemu pendaki terkenal dan penjelajah kutub. Kami segera menyadari bahwa seperti kami, mereka sama-sama bersemangat dengan petualangan karena mereka melindungi integritas benua tertua ini, tempat dinosaurus pernah memerintah. Uniknya, Antartika tetap menjadi satu-satunya daratan yang belum dimanfaatkan manusia untuk sumber dayanya. 12 negara yang mengatur benua - bagian dari Sistem Perjanjian Antartika - bersikeras bahwa ia harus tetap bebas dari polusi dan bakteri. Ini berarti bahwa semua limbah, termasuk limbah manusia, dikeluarkan dari Antartika di mana tidak ada yang terurai karena kondisi beku.

Pada akhirnya, benua yang sangat luas ini di ujung bumi - yang terakhir ditemukan oleh manusia - tidak mengecewakan. Melihat ke belakang pada ekspedisi kami, saya sekarang melihat bahwa Terra Antartika, seperti juga diketahui, memiliki cara untuk memotong Anda menjadi ukuran dan membuat Anda merenungkan ketidakmampuan Anda sendiri. Ini memaksa Anda untuk mengevaluasi kembali semua yang Anda ketahui dan rasakan tentang diri Anda dan tempat Anda di planet ini. Saya menyadari bahwa pelajaran yang paling berharga dari perjalanan ini dihasilkan dari pengalaman yang, pada saat itu, terasa seperti yang paling menyedihkan dan sunyi, bahwa pertumbuhan sejati hanya datang dari kesulitan dan tantangan.

Itu menunjukkan kepada saya bahwa di mana pun Anda berada di dunia ini, Anda dapat mencari dan menemukan petualangan dengan membuka pikiran dan menjelajahi batas Anda sendiri. Dan akhirnya, menjadi yang pertama untuk mengukur puncak yang tidak tertutup sebagai bagian dari tim yang semuanya perempuan untuk menciptakan dunia di mana hak asasi manusia dan integritas lingkungan dapat berkembang dan makmur akan dihitung, tanpa diragukan lagi, sebagai salah satu pengalaman paling memberdayakan saya. kehidupan. Tidak heran mereka mengatakan Antartika berada di bawah kulit Anda, dan ketika itu terjadi, jiwa Anda berubah selamanya.